Rilis

Pemuda dan Masa Depan Bangsa Indonesia

By  | 

“Bangsa Indonesia menghendaki kita semua progresif, apalagi pemuda dan pemudinya. Huh, pemuda dan pemudi janganlah menjadi tempe atau kintel. Tidak!,” Bung Karno.

Petikan ucapan Presiden Sukarno di atas memiliki pesan yang sangat mendalam terutama bagi generasi muda. Dari kalimat itu, Bung Karno nampaknya ingin berpesan bahwa pemuda Indonesia memiliki peran kunci dalam pembangunan bangsa ini.

Bung Karno nampaknya orang yang paham betul, bahwa masa depan sebuah bangsa ada pada generasi muda. Toh Bung Karno sendiri bersama rekan-rekan seperjuangnya telah membuktikan itu.

Bagaimana saat itu Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahrir dan para tokoh bangsa lainnya, berjuang meneriakan kemerdekaan di usia muda. Sampai berhasil membawa Indonesia merdeka di usia yang relatif masih muda, merujuk usia Bung Karno saat pertama kali menjabat sebagai Presiden yakni 40 tahun.

Proklamasi 17 Agustus 1945 juga tak bisa lepas dari peran generasi muda. Merekalah generasi muda yang mendesak Sukarno dan Hatta mendeklrasikan Indonesia sebagai sebuah negara yang merdeka.

Dan jauh sebelum proklamasi, para pemuda sudah terlebih dahulu mendeklarasikan Indonesia sebagai sebuah bangsa melalui Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 yang kemudian kita kenal dengan Sumpah Pemuda.

Dari berbagai rangkaian sejarah yang ada, kita bisa melihat bahwa Indonesia hari ini tidak bisa dilepaskan dari peran penting pemuda, begitu juga di masa mendatang. Di masa depan, maju mundurnya bangsa Indonesia akan ditentukan oleh pemudanya.

Oleh karena itu, pemuda hari ini tentu tidak bisa berpangku tangan. Pemuda harus mulai mempersiapkan diri. Dari mulai mempersiapakan ilmu dan ketrampilan dan yang terpenting mentalitas. Jika komponen itu tidak ada dalam diri pemuda Indonesia saat ini, maka masa depan Indonesia di masa mendatang akan suram.

Karenanya, melalui momentum sumpah pemuda ini. Marilah, para pemuda sadar akan peran, sadar akan takdirnya sejarah. Seperti pesan Bung Karno di awal tulisan, jadilah pemuda yang progresif jangan jadi pemuda kintel.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Jayalah Pemuda Indonesia !!!

Abdul Muin Hafied/Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Bekasi/Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Bekasi