Rilis

Kita Semua Adalah Pahlawan di Lapangan Masing-masing

By  | 

Hari ini bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, merujuk peristiwa 10 November 1945 atau yang kita kenal dengan pertempuran Surabaya.

Dari peristiwa tersebut, kita kenal sosok bernama Bung Tomo yang menjadi salah satu tokoh kunci dalam pertempuran Surabaya. Melalui pidatonya, Bung Tomo mampu membakar gelora perlawanan rakyat terhadap tentara kolonial Belanda dan sekutunya Inggris.

Pertempuran 10 November juga menjadi kunci dari serangkaian upaya bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaanya yang saat itu masih seumur jagung.

Dari peristiwa tersebut, ada makna yang bisa kita ambil dan pelajari bersama. Yaitu tentang rasa cinta kepada tanah air dan semangat pengorbanan.

Yang pada kondisi hari ini, saya melihat rasa cinta terhadap tanah air dan kerelaan untuk berkorban bagi nusa dan bangsa kian menipis.

Padahal, dalam posisi mengisi kemerdekaan, rasa cinta terhadap tanah air dan kerelaan berkorban menjadi amat penting.

Melalui momentum hari hari pahlawan, sesama anak bangsa saya mengajak setiap pribadi, setiap individu berjuang untuk Indonesia raya. Karena setiap individu adalah pahlawan di lapangan masing-masing.

Seorang guru misalnya, merupakan pahlawan bagi kemajuan bangsa ini yang turut serta mencerdaskan bangsa. Tanpa guru, maka tak lahirlah generasi-generasi emas, mereka para pemimpin tidak akan lahir tanpa peran serta guru.

Para petani, mereka juga pahlawan. Dari hasil memeras keringat merekalah, kebutuhan kita akan pangan terpenuhi. Kita semua bisa menikmati makan nasi, sayur-sayuran tidak lebih karena kerja-kerja mereka.

Para ibu di rumah, mereka adalah pahlawan. Mereka berkorban, waktu, tenaga, pikiran dan perasaanya. Untuk merawat anak, memasak, menjaga rumah dan melayani suaminya. Kelak, dari ibu-ibu yang baik inilah, para pemimpin besar dilahirkan.

Singkatnya, kita semua pahlawan di lapangan kita masing-masing. Selama kita menjalankan tugas dan kewajiban kita dengan baik dan benar, sekecil apapun itu akan memberi manfaat.

Selamat Hari Pahlawan…Merdeka !!!

Abdul Muin Hafied/Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PAN/Ketua Badan Legislasi DPRD kota Bekasi